Wednesday, December 19, 2012

Proses Belajar

Ketika kita membuka mata pada pagi hari, sama artinya dengan membuka lembar baru pada kehidupan kita. Banyak orang mengatakan hidup itu lihat ke depan atau tutup lembaran lama buka lembaran baru. Apa yang ada pikiran saya sedikit berbeda dengan ungkapan-ungkapan semacam ini.
Kata-kata yang lebih tepat itu bukan menutup lembaran lama, karena ketika kita menutup lembaran lama atau bisa kita katakan mencoba melupakan apa yang telah kita lakukan sebelumnya keadaan akan menjadi lebih buruk. Mengapa? Karena suatu saat mungkin saja kita melakukan kesalahan yang sama, tidak ada orang yang ingin jatuh dilubang yang sama bukan?
Menurut saya akan lebih tepat jika kita menyimpan lembaran-lembaran lama. Bayangkan saja seperti menyimpan novel atau komik-komik yang sudah kita baca. Bukan, bukan untuk dibuka berkali-kali. Kenangan masa lalu bisa jadi pelajaran yang berarti, atau sekedar renungan agar kita tidak akan mengulanginya lagi. 
Masalah lihat ke depan juga tidak ada bedanya. Ketika kita menaiki sebuah kendaraan tentu kita perlu memeriksa apa-apa saja yang ada di belakang kita bukan? agar tidak terjadi kecelakaan atau semacamnya. Sama dengan proses kehidupan melihat ke belakan akan mengingatkan betapa bodohnya kita melakukan suatu kesalahan dan berpikir akan lebih bodoh lagi apabila kita mengulanginya. Jadi melihat ke belakang itu tidak ada salahnya. Tapi satu yang perlu kita ingat, ketika kita terus-menerus melihat ke belakang tentu tidak akan bagus. Mengingat masa lalu juga sama tidak baiknya, maka buatlah suatu kesalahan, kenangan masa lalu, atau hal-hal semacamnya sebagai proses belajar, proses pendewasaan diri. 

No comments:

Post a Comment