Thursday, September 19, 2013

Seminar Oh Seminar

Nah, setelah beberapa post sebelumnya saya cuman nulis tentang film yang sudah pernah saya tonton, sekarang saya mau cerita pengalaman sampah banget hari ini. Sampah? iya bener sampah. Intinya saya terjebak di seminar paling absurd yang pernah saya ikuti, nyesel, buang waktu, nggak dapet ilmu itu intinya. 
Pada intinya penyelenggara acara tersebut itu salah satu stasiun televisi swasta yang dikenal sebagai stasiun tv berita di Indonesia. Semangatlah ya, pikiran saya saat itu adalah "Wuih lumayan nih, stasiun tv kayak gini berbobot pasti.." ya wajarlah kalau saya punya ekspektasi semacam itu. Saya bersebelas bareng temen-temen meluncur dari kampus sekitar jam 9.30, telat dari jadwal seharusnya karena kita harus kuliah terlebih dahulu. 
Sampailah saya di gedung teknik kampus tempat seminar diadakan. Guess what? yak acara masih belum mulai sampai jam segitu. Yah wajarlah ya, maklum jam Indonesia. Molor-molor dikit. Terus saya dateng ke meja registrasi. BAYANGAN SAYA: dapet Seminar kit (walaupun seminar gratis tapi kan stasiun tv gede yang buat wajarlah punya bayangan dapet seminar kit, soalnya saya dateng ke seminar serupa yang diadain stasiun tv swasta lain dapet kayak gituan), snack atau makanan ringan yang biasa ada di seminar-seminar, ruang seminar yang cukup besar, dan makan sianglah (balik pengalaman sebelumnya saya selalu dapet makan siang kalau yang ngadain stasiun tv swasta gede). KENYATAANNYA: saya masuk ruang seminar cuman dikasih air putih gelas, merek apa saudara-saudara? Merek Club! Kata temen saya yang ambil jurusan komunikasi strategis sasaran pasarnya Club itu kalangan menengah ke bawah, dan biasanya yang pake merek itu adalah acara-acara mahasiswa yang dananya pas-pasan. Syok jujur, bukan cuman saya lo yang syok, semua temen saya punya pikiran dan ekspektasi yang sama juga. Lanjut, habis itu kita masuk ke ruang seminar yang ternyata sempit, sekitar cuman ada 7 apa 8 baris dan 6 atau 7 kolomlah, saya lupa dan itu belum penuh. Nggak ada seminar kit, ketebaklah ya orang tadi juga cuman dapet air putih club yang bahkan nggak keminum sama saya. Akhirnya saya cari tempat dan duduk nunggu seminar di mulai.
Seminar mulai sekitar jam 10an. MC kurang sinkron, tp bukan masalah besar buat saya walaupun mungkin mbak MC butuh belajar bahasa inggris sedikitlah ya biar bisa nggaya dikit nggak pake salah. Terus pengisi acara masuk dan ngasih materi. Bahkan nggak ada slide teman-teman sekalian, terlihat kurang persiapan. Ya udah saya masih berusaha berpositif thinking, nggak penting ada slide apa nggak yang penting ilmunya lah. Acara ternyata kosong bener-bener kosong. Tema seminarnya belajar jurnalisme warga, tapi saya tetep nggak dapet ilmu gimana cara mendapatkan berita yang bagus sebagai seorang jurnalisme warga. Mau nyatet-nyatet gimana caranya kertaspun tak diberi, tapi kalaupun ada kertas bakalan useless juga sih orang nggak ada ilmu yang saya dapet juga.
Sumpah isi seminar itu basic banget dan cuman yang ada di luar, bahkan menurut saya mahasiswa nonkomunikasipun tahu info-info tersebut. Seminar absurd masih terus berjalan sampai sekitar jam 13.00 mereka mau live report dari Jogja ke Jakarta. Nah, jujur hal ini menghancurkan martabat saya --". Kita semua, mahasiswa-mahasiswa yang berpendidikan ukurannya, disuruh nggaya ala alay-alay dahsyat! Walaupun nggak cuci cuci jemur jemur kita disuruh tepuk tangan sekeras-kerasnya sambil goyang pas ada musik yang main. Saya liat ekspresi temen-temen saya. Jelas sama seperti apa yang saya pikirkan nggak terima, tapi kita bisa apa? Ya udah pasrahlah kita. Suruh teriak-teriaklah sama produser edan itu, sumpah aneh banget. Kenapa saya bilang aneh? Soalnya seminar dari stasiun tv lain yang pernah saya ikutin sebelumnya nggak nyuruh kita jadi alay tepok-tepok sambil teriak kok pas ada live report. Aduh mbohlah kalau kata temen-temen saya. Tapi yang bikin saya nek lagi orang-orang yang disuruh pak produser semangat-semangat aja suruh tepok tangan sambil teriak, halah kok ya buang energi banget. Si pak produser bilang gini "Maaf ya kalau kita suruh kalian ini-itu, itu untuk kepentingan tayangan saja." kepentingan tayangan sih iya, tapi apa bedanya kita sama penonton dahsyat? Ada sih sebenarnya, kalau penonton dahsyat dibayar 50 ribu sampek 100 rb, kita dibayar air putih gelas, itu doang menurut saya.
Oh iya, tiap seminar pasti adalah sesi tanya jawab. Terus ada salah satu mahasiswa Hubungan Internasional katanya tanya pertanyaan yang nggak perlu ditanyakan, dan jujur malu-malui orang pengisi acaranya aja sampek kaget sama pertanyaan dia. Tebak apa pertannyaannya? "Pak manfaat wartawan itu apa?" nggak perlu kuliah di komunikasi juga sih buat jawab pertanyaan semacam itu. Terus si bapak balik nanyak "Guna kamu kuliah apa?" maksudnya pertanyaan yang diajuin mas HI itu sebenarnya nggak perlu dijawab. Lagian pak produser ini udah kasih pengantar juga sebelumnya tentang apa itu wartawan, kehidupan wartawan, dan hal-hal basic lainnya. Mbok ya kalau ngebet nanyak yang mutu dikit mas --".
Pokoknya setelah hal-hal aneh terus berlangsung sampai akhir acara. Pas acara selesai, kita disuruh makan siang sendiri-sendiri terus balik lagi. Makan siang juga nggak dikasih, pas seminar SCTV, Indosiar, MNC TV seenggaknya kita dapet makan siang pak produser, masak ini nggak. Kalah sama stasiun tv lain dong kalau gitu. Ini menyebalkan! Jam 2 acara selesai dan nanti jam stengah 3 kita disuruh balik lagi buat terjun bikin berita. Nyampah banget si bapak bilang dengan nada sinis "Tepat waktu ya jam setengah 3 balik lagi kesini, karena saya sibuk ngurus bla..bla..bla.." temen saya bahkan ada yang ngamuk-ngamuk bilang kalau nggak sopan dan lain-lain, memang iya sih yang kerja di tv njuk terus nggaya. Aduh! tobat tobat!!
Kita semua yang udah jengkel akhirnya memutuskan buat nggak ikut sesi tersebut dan langsung pergi makan. Sebelum makan, kita nanya ke panitia soal sertifikat yang dijanjikan. Sama menyebalkannya dengan pengisi acara, kita tanya malah dilempar sana-sini, bilang nggak tahu menahu soal sertifikat. Akhirnya kita mencoba bersabar dan dijawablah oleh salah satu panitia. Dia bilang kalau sertifikat yang buat bukan pihak media terkait, tapi mereka yang buat. Temen-temen tambah emosi dan ngerasa diremehin, kita juga tahu lah kalau yang namanya sertifikat itu panitia yang buat bukan pengisi acara. Si panitia ini menjawab juga dengan nada yang seolah-olah mengatakan "Kalian tu udah dapet ilmu nggak ikut proses lapangan masih aja nanyakin sertifikat" ngaca mbak urusan saya lebih mutu kali pas diajak kerjasama sama SCTV dulu. Terus mereka nambahin dan nyuruh kita balik lagi jam 3 karena sertifikat sudah jadi jam segitu. Alhamdulillah lah ya saya tetep dapat sertifikat yang guna juga besok-besok dalam hati saya. 
Akhirnya kita pergi makan dan balik lagi sekitar jam 3 lebih seperempat, dan mereka mengingkari janji teman. sertifikat belum jadi dengan alasan bapak yang bertanda tangan masih di dalam bla..bla..bla.. Kita suruh balik lagi besok! Kalau emang sertifikat buat besok ya bilang aja nggak usah php juga sih ya mbak e.. Akhirnya dengan hati membara kita pulang tanpa ilmu tanpa sertifikat, masalah sertifikat gimana besok juga belum jelas. Panitia masih nyari orang yang bisa stay jaga sertifikat buat diambil besok. 
Saya sih nggak nyalahin panitia yang cuman nyediain air putih, karena dana kan memang harusnya dari pihak stasiun tv dan panitia tinggal ngelola. Bayangkan betapa pelitnya si stasiun tv ini. Ngasih snack aja nggak mampu. Kalau salah satu temann saya nyeletuk gini "Duite meh dinggo nyapres sesuk, dadi seminare mek ngene." ("duitnya mau dipake buat nyalon presiden besok, jadi seminarnya cuman gini.") mungkin benar kata temen saya yang satu ini ya. 
Ya ini cuman sedikit curhat saya tentang seminar ternyampah yang saya ikutin. bukan mau njelek-njelekin saya cuman bicara fakta dan pengalaman saya saja. Ya intinya biarkan sang elang tetap terbang dilangitlah ya. Tetap jadi stasiun tv berita, pertama lagi ya :) semoga besok kalau buat seminar lebih bermutu lagi. No offends lah ya, cuman kecewa :p hahahahaha. 
*doa saya cuman biar si sertifikat beneran keluar, itu aja biar ikut ini nggak useless-useless banget*

No comments:

Post a Comment