Wednesday, September 4, 2013

Our Town / 우리 동네 (2007) Korean Serial Killer Movie Review


Untuk ngisi waktu selo kali ini, saya mau coba nulis sedikit pendapat saya soal film berjudul "Our Town" ini. Film garapan Jeong Gil-Yeong ini menceritakan tentang pembunuhan berantai yang terjadi di suatu daerah. Kasus pembunuhan itu sendiri memiliki suatu ciri khas sendiri yang ditinggalkan pada tiap korbannya. Kebanyakan korbannya digantung dengan cara diikat disebuah tiang dan dibiarkan menggantung sampai ada orang yang menemukannya. Cerita dimulai dengan pengenalan tokoh bernama Kyung Ju (Oh Man Seok), yang merupakan seorang penulis novel fiktif. Ia sedang menggarap novel pertamanya yang menceritakan sebuah kisah pembunuhan. Ia tinggal bersama seorang temannya bernama Jae Sin (Lee Seon Gyun), Jae Sin sendiri merupakan seorang detektif yang menangani kasus pembunuhan berantai yang terjadi saat itu.
Kyung Ju sendiri yang sering minum-minum dan semacam dibayangi dengan penggarapan novelnya ia sering berhalusinasi membunuh orang dan akhirnya dia benar-benar melakukannya. Kyung Ju membunuh pemilik apartemennya yang waktu itu nagih uang ke Kyung Ju. Sebenarnya masalah muncul bukan karena pembayaran apartemen itu sendiri tapi karena permasalahan kecil.
Nah, Kyung Ju akhirnya manfaatin kasus pembunuhan berantai yang memang terjadi saat itu. Dia berusaha  ngelakuin copy cat crime buat nutupin tindak kejahatannya itu. Pembunuh berantai yang sebenarnya tahu kalau Kyung Ju mencoba meng-copy tindakannya. Kyung Ju yang panik akhirnya mencoba mencari siapa pembunuhnya dengan pura-pura bantu temennya Jae Sin yang dipusingkan sama kasus itu.
Yang megejutkan lagi ternyata sepuluh tahun sebelumnya pembunuhan semacam itu pernah terjadi di daerah yang sama, tapi pembunuhnya juga belum ditemukan sampai saat itu. 
Jae sin menemukan fakta baru kalau sepuluh tahun yang lalu ternyata kasus semacam ini dengan ciri-ciri yang sama pernah terjadi di daerah tersebut. Jae Sin sendiri akhirnya menemukan beberapa bukti yang nggiring dia untuk mencurigai Kyung Ju sahabatnya dan dia mencoba menyelidikinya, tapi yang terjadi malah Jae Sin tergiring ke masalah yang lebih besar lagi. 
Film ini sendiri bisa dibilang menyajikan sebuah kesimpulan yang cukup mengejutkan dengan munculnya sosol bernama Hyo I (Ryu Deok Hwan) yang ternyata berhubungan dengan masa lalu dari Kyung Ju.
Menurut saya sendiri film ini bisa dibilang cukup apik dan seru lah buat ditonton. Disediakannya hal-hal tidak terduga bikin film ini nggak membosankan untuk ditonton. Directornya berusaha mempermainkan pikiran penonton agar terjebak ke suatu pemikiran yang ternyata berbeda dengan prediksi penonton. Sang director disini tampak berusaha buat mencampur berbagai macam genre juga mulai dari thriller, misteri detektif-detektifan, sampai ke unsur psikologis yang dimasukin ketiap karakter yang ada. 
Saya sendiri nggak tahu apa film semacam ini pernah dibuat, tapi menurut saya ide yang ada di film ini cukup original dan worth to watch lah, walaupun banyak bertebaran darah tapi itulah yang bikin seru. Selain itu film ini nyediain nggak cuman satu sudut pandang tapi tiga sudut pandang dari tokoh-tokohnya nggak stuck nyeritain apa yang ada di depan. Tapi memperlihatkan apa yang alasan dibalik tindakan yang dilakuin oleh masing-masing tokoh.
Gambar-gambar yang ada juga nggak tampak fake jadi nggak malesin buat ditonton. cara membunuh korban juga nggak dilebih-lebihkan, ya normal way to make people died lah ya. Yang menarik lagi dari film ini, film ini nggak ngasih sudut pandang sosok protagonis kayak kebanyakan film detektif lainnya tapi malah ngasih sudut pandang dari para pembunuh yang ada di film ini. Suasana ataupun penggambaran yang dikasih film ini juga dapet banget kalau menurut saya.
Tapi film ini memang cuman cocok buat penikmat film detektif ataupun thriller karena terlalu banyak kekerasan dalam film ini. Jadi buat penikmat film yang suka dengan cerita-cerita suram dan nggak happy ending bisalah nonton film yang satu ini. 

Buat yang mau ngecek Trailernya silahkan -> http://www.youtube.com/watch?v=uzQk8Be3EWY 

2 comments:

  1. waktu nonton dimana ka? aku cari film nya dimana2 gaada :(

    ReplyDelete
  2. Waduh udh lama bngt jd ga inget nih.

    ReplyDelete