Wednesday, September 4, 2013

Miracle in Cell No. 7 / 7번방의 선물 (2013) Review

Untuk film yang bakal saya bahas kali ini genrenya adalah drama keluarga. Film ini sendiri dirilis pada 23 Januari 2013 lalu. Sebenarnya yang membuat saya penasaran dengan film ini adalah banyak situs-situs yang bilang kalau film ini merupakan salah satu film terbaik Korea Selatan yang rilis tahun ini. 
Bersetting pada tahun 1997, film ini menceritakan kisah seorang bapak keterbelakangan mental bernama Lee Young Gu (Ryu Seung Ryong) yang memiliki seorang anak bernama Ye Seung (Kal So won). Ye Seung ini menginginkan sebuah tas Sailor Moon berwarna kuning yang dipajang di sebuah toko. Si bapak berjanji akan membelikan tas tersebut untuk Ye Seung apabila dia menerima gajinya kelak. Namun sebelum Lee Young Gu menerima gajinya, tas tersebut sudah di beli oleh seorang komisaris polisi. Lee Young Gu yang melihatnya pun lari ke dalam toko dan berusaha merebut tas tersebut, yang akhirnya membuat Young Gu dipukuli oleh sang komisaris polisi.
Suatu hari ketika Lee Young Gu sedang bekerja di sebuah super market, anak komisaris tersebut mendatangi Lee Young Gu dan berusaha memberi tahu kepadanya sebuah toko yang menjual tas yang sama dengan miliknya. Ketika mengikuti anak tersebut sebuah kecelakaan terjadi dan membuat anak tersebut kehilangan nyawanya. Lee Young Gu yang pada saat itu berada di lokasi kejadian dituduh telah membunuh dan memperkosa anak tersebut dan ia pun dimasukkan ke penjara. 
Di penjara tersebut Young Gu bertemu dengan narapidana lain yang akhirnya membantu Young Gu untuk dapat bertemu dengan anaknya Ye Seung, dengan melakukan berbagai cara. Selain itu film ini menggabungkn beberapa alur, selain menceritakan kehidupan Young Gu. Film ini juga menampilkan Ye Seung dewasa (Park Shin Hye) yang menjadi seorang pengacara untuk membantu menyelesaikan kasus pembunuhan yang menarik bapaknya ini.
Para narapidana yang berada satu ruangan dengan Young Gu yakin bahwa ia tidak mungkin melakukan hal tertuduh berusaha membantu Young Gu agar terbebas dari hukuman yang akan diberikan kepadanya. Young Gu yang tidak menyadari akan kondisinya tersebut dan hanya memikirkan bagaimana keadaan Ye Seung. 
Nah, itu sekilas cerita dari film ini. Film ini sendiri akan membuat penontonnya tersenyum di satu waktu dan menangis di waktu yang lain. Ceritanya tidak selalu mengharukan tapi juga menyediakan saat untuk tersenyum bagi para penontonnya. Chemistry yang dibangun oleh sosok Young Gu dan Ye Seung sebagai tokoh utama sangatlah apik, sehingga hal inilah menjadi faktor pendukung untuk mempermainkan perasaan penontonnya.
Jujur ketika nonton film ini dibagian awal saja saya sudah mulai terbawa emosi dan sedih melihat kedua sosok tersebut. Tapi tenang film ini bukan film drama yang terlalu dilebih-lebihkan. Porsi mengharukan, membahagiakan, dan jug menyedihkan di berikan dengan sangat pas oleh Lee Hwan Kyung selaku director dari film ini. 
Film ini juga menutup rapat akan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi dalam film. Akan ada twist di film ini. Bisa dibilang film ini berakhir dengan happy ending namun disisi lain bisa dikatakan film ini mempunyai akhir yang cukup menyedihkan. Tergantung dari sudut pandang mana film ini dilihat.
Jadi buat para pecinta drama bisa coba untuk menonton film ini, dan merasakan bagaimana film ini mempermainkan perasaan penontonnya. Tapi kalau menurut saya sendiri karena banyak tokoh yang terlibat sebagai teman dari Young Gu yang merupakan sesama narapidana, keberadaan mereka semua tidak terjabarkan satu persatu. Hanya beberapa okoh saja yang mampu digambarkan bagaimana mereka. Tapi film ini masih worth to watch lah.

Ini trailer dari film Miracle in Cell No. 7. Silahkan di cek http://www.youtube.com/watch?v=RXHheT5clgE

No comments:

Post a Comment